Senin, 31 Maret 2008

Mengarahkan Peserta Didik Berdasarkan Cita-Citanya

Standar Kompetensi: Mampu Merencanakan dan mengembangkan masa depan karier
Kompetensi Dasar : Mampu melakukan penataan tujuan karier
Materi Pelayanan : Penataan Tujuan Karier
Uraian Materi
Pelayanan : 1. Mendeskripsikan penguatan tujuan karier
2. Menganalisis menata tujuan karier ke depan
3. Menerapkan tehnik sukses berkarier

Bimbingan dan Konseling kelas II SMU

Mengarahkan Peserta Didik Berdasarkan Cita-Citanya

Masa/periode remaja adalah masa pencarian jati diri, sebagaimana yang dikatakan oleh Jundul Hayah dalam "Jurnal Psikologi Remaja". Banyak para ahli mengatakan bahwa periode remaja merupakan "Period of Storm and Strees", dengan alasan bahwa pada masa remaja terjadi kegamangan atau periode yang penuh gejolak. Arnett menarik tipikal yang secara general biasa dihadapi oleh para remaja: (1) konflik dengan orang tua, (2) perubahan mood yang cepat, (3) perilaku yang berisiko (dalam Lugesen, 2003).

Pentingnya mengarahkan peserta didik, terutama pada tahap remaja madya: 16 - 18 tahun dengan anggapan bahwa pada masa remaja merupakan masa puncak pengenalan jati diri. Sikap mereka yang mudah terpengaruh terhadap lingkungan, emosi yang tak menentu, serta jiwa yang labil dan ingin mandiri padahal mereka belum bisa memecahkan persoalan dirinya sendiri, ditambah lagi rasa malu yang terkadang berlebihan membuat pendirian mereka rapuh dan mudah dipengaruhi oleh orang lain, terutama pada teman sebayanya. Mereka sangat suka bersenang-senang dan hidup hura-hura, sehingga mereka lupa akan masa depannya.

Oleh karena itu, diperlukan bimbingan guna mengarahkan mereka untuk mencapai apa-apa yang mereka cita-citakan, supaya mereka menjadi generasi penerus bangsa yang tergolog manusia-manusia efektif, yang berguna untuk keluarga, bangsa, serta agama.

Bagaimana caranya mengarahkan mereka menuju cita-cita:
1. Ajak mereka berbicara dari hati ke hati, buatlah perasaan mereka nyaman;
2. Tanyakan tentang kegemaran, kemudian cita-cita mereka;
3. Berikan pandangan positif mengenai apa yang mereka cita-citakan;
4. Berikan jalan keluar solusi tentang rencana-rencana apa yang harus mereka buat, guna
mencapai cita-cita mereka.
5. Berilah motivasi kepada mereka untuk lebih gigih dalam mencapai cita-cita.

Contoh: Seorang siswa yang ingin menjadi dokter, rencana-rencana yang harus disusun, yaitu:
1. Pada bangku SMU: harus belajar dengan baik, menyukai pelajaran IPA, gemar membaca
buku-buku tentang pengobatan;
2. Pada bangku perguruan tinggi: kuliah di fakultas kedokteran, belajar dengan tekun agar mendapat IPK > 3, kuliah sambil magang di rumah sakit/dokter professional;
3. Buka praktik sendiri sambil bekerja di rumah sakit, merencanakan melanjutkan S2 sebagai dokter spesialist.

Dengan demikian, mereka akan lebih percaya diri, gigih, dan tekun dalam mencapai apa-apa yang mereka cita-citakan.



Referensi:
Winkel, W.S., Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Grasindo, 1997
R.R., Ardiningtiyas Pitaloka, Menelusuri Kecemasan Remaja, Jurnal Psikologi Remaja, 2007